Jumat, 23 November 2018

author photo

Bermula pada pertengahan tahun 2016 yang lalu, dimana..

Semenjak punya handphone android sendiri, gua akhirnya bisa bermedia-sosial secara mudah dan suka-suka. Yeay! Maka dari itu ibaratnya, gua ituuu.. newbie lah dalam dunia per-smartphone-an, soalnya sampe telat bikin akun instagram, telat menggunakan jasa ojek online, dan telat menyelamatkan hubungan asmara hati ini dengan si dia *lho.

Dan banyak hal yang mulai terjadi, perbedaan yang paling terasa ituuu.. momen-momen disaat gua sedang berada dalam fase menunggu, di tempat umum. Apalagi sendirian, persis kaya jomblo *emang jomblo sih. Yang dulu cuma bisa bengong meratapi nasib, tapi kalo sekarang alhamdulilah bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan seperti: googling, main game offline atau online, stalking akun medsos mantan, dan akhir-akhir ini sih lebih sering menonton youtube + pake headset.

Begitu pula kalo gua mau login ke akun chat line, facebook atau twitter. Dulu mah harus menyalakan komputer serta mencolokkan menghubungkannya dengan sebuah modem. Tapi sekarang? Semua bisa dilakukan kapanpun, serta bisa diakses dimanapun gua berada. Tentu dengan syarat, yaitu koneksi jaringan internet yang mendukung. Kemudahan-kemudahan teknologi di Era Digital inilah yang mempermudah gua sebagai manusia untuk memenuhi hasrat akan hausnya sebuah informasi paling up-to-date serta membantu gua dalam pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

Contohnya, Aplikasi Kalkulator Sains. Wahai creator! Semoga dimudahkan rezekinya bagi creator aplikasi ini karena dengan aplikasi ini, gua bisa mengerjakan tugas fisika dengan cling cling cling wkwkwk. Mantap djiwo pak eko!


Ehem, kembali ke judul..

Jadi dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, kalian akan lebih memilih ngeblog via handphone (smartphone) atau via komputer (laptop)?

A: Ngeblog itu apa sih?
B: Hah?
A: Kaya mantan yang ngeblog nomor kita?
B: Eh? Bukan ituuu..

Hmmmmmm nisa sabyan selama satu jam..

*SKIP*

Tentu, diantara keduanya masing-masing memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Tapi semenjak punya smartphone, gua lebih sering ngeblog melalui handphone karena kemudahan yang ditawarkan. Contohnya..

1. Ngeblog Kapan Saja dan Dimana Saja!

Anytime, anywhere, sekarang itu gua bisa ngeblog sambil tiduran, ngeblog sambil naik transportasi umum, ngeblog sambil galau mikirin mantan di pinggir pantai. Oke sip, yang terakhir abaikan saja. Tapi bener, itulah kemajuan era digital saat ini, semua sudah bisa kita lakukan tanpa ada batas kecuali, kuota kita habis atau layanan internet bulanan kita belum dibayar hehe.

2. Adanya Teknik Responsive dan Mobile Friendly

Tampilan halaman web atau blog sudah banyak yang memakai teknik responsive dan mobile friendly, hal ini membuat web atau blog jadi lebih enak dipandang. Alhasil, mata kita pun tidak cukup sulit untuk membaca tulisan-tulisan informasi yang terkandung di dalam web atau blog tersebut. Ya walaupun masih ada beberapa web atau blog yang masih belum memakai tampilan secara responsive.

*ehem kode buat platform blogger hehe..


Serta beberapa web atau blog yang masih menggunakan hal-hal lawas, "sesuatu" yang sempat populer dalam dunia blogger beberapa tahun yang lalu. Seperti burung yang terbang kemana-mana, cursor yang bisa mengeluarkan taburan bintang, dan lain-lain. Eh, tapi ada satu yang paling mengganggu sih menurut gua, yaitu pop-up yang muncul secara tiba-tiba, persis seperti mantan yang minta putus pas saat kita lagi sayang-sayangnya. Bikin kaget. Mengesalkan. *halah

Mengesalkan apalagi sampe ada tulisan:

WARNING! HAPE ANDA TERKENA VIRUS, KLIK DISINI UNTUK MENGATASINYA.

Virus Muncul Di Browser

Oh, tidak semudah itu Ferguso!

Untung, karna pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki *gaya banget, jadi mereka tidak bisa menipu gua.. tapi bisa menipu orang lain, hiya hiya hiya. Namun, tidak sedikit yang tertipu loh sama hal yang kaya gini, seperti handphonenya sepupu gua, karena panik eh jari tangannya auto klik tulisan tersebut, akhirnya di handphonenya banyak aplikasi yang terinstall secara gak jelas.

A: Hallo, ini Alien ya?
B: Kok tau?
A: Karna kau telah mencuri handphoneku, eh bukan, serius dong.
Masa tabletku jadi banyak aplikasi gak jelasnya, gara-gara abis dimaenin sama anakku.
Kalo buka browser langsung ke halaman gak jelas juga.
B: Sebenernya ada hal yang ingin aku tanyakan.
A: Apa itu?
B: Apakah aplikasi itu..

..

..

Hayo penasaran yaaa? By the way, sudah ubah link url web atau blog kalian belum dari http jadi https? Sekarang di Chrome muncul peringatan Not Secure loh kalo website kita belum https. Oke. Oke. Next.

3. Menampung Ide Secara Up To Date

Alasan lain gua memilih ngeblog via handphone itu, ya karnaaa.. ide itu bisa dateng kapan saja. Nah, biar gak lupa, kalo saat ini gak perlu repot-repot ngeluarin kertas dan pulpen, apalagi sampai menghidupkan komputer terlebih dahulu. Gak perlu. Cukup di handphone, buka aplikasi catatan, lalu mengetikan ide yang terlintas. Sehingga ide pun jauh lebih up to date dan gak hilang begitu saja.

Sudah selesai menulis - Salin tulisan dari catatan - Tempel tulisan di blog - Publikasikan.

Mungkin kekurangannya adalah ide tadi masih terlihat mentah dan hasilnya pun masih perlu dilakukan pengembangan. Menurut pengalaman pribadi, kalo tulisan yang diketik di handphone itu sulit untuk dikembangkan seluas-luasnya, gak tau kenapa. Sedangkan, tulisan yang diketik di komputer itu mungkin karna layarnya yang lebih lebar dan luas, pemikiran kita pun jadi bisa lebih terbuka secara luas juga.

Teori Cocoklogi, Prof. Masalien "Hukum Nulis Terpengaruh Media Tulis" 2018. wkwkwk.

Itulah beberapa alasan dari gua, kenapa saat ini lebih sering ngeblog via handphone ketimbang via komputer, yang kesimpulannya adalah ngeblog via handphone itu lebih fleksibel. Gak hanya dari sisi untuk menulis isi tulisannya, tapi juga untuk mengedit gambar dan media pendukungnya. Karena di Era Digital seperti saat ini selain tulisan, informasi berupa gambar maupun video sedang digandrungi oleh netizen zaman now, dan semua itu sudah bisa dilakukan cukup melalui handphone saja.

Terakhir, ini sih yang terpenting, fleksibilitas ngeblog via handphone itu membuat silahturahmi dengan para blogger a.k.a blogwalking juga semakin mudah, jadi kita bisa mengunjungi web atau blog mereka kapan saja dan dimana saja. Tidak lupa, setelah dikunjungi diberi komentar akan tulisannya, karena blogger yang baik, dialah yang meninggalkan jejaknya sekalipun cuma komen pertamax!


Tapi engga juga sih, hehe.

Daritadi ngomongin kelebihan aja nih, kira-kira ada kekurangannya gak ngeblog via handphone? Hmmmmmm.. ya tentu ada dong, yang paling terasa itu ketika mau ngoding. Apalagi dari platform blogger, yang tampilan dashboardnya.. ehem masih belum responsive kalo di browser. Ketika mau edit html, loadingnya lama dan scrollingnya juga kurang nyaman. Apakah kalian juga merasakan seperti itu?

Oke ada sedikit pertanyaan nih!

1. Bagaimana rasanya ngoding di platform wordpress?
2. Bagaimana rasanya ngoding secara langsung pada framework yang diletakan di hosting?
3. Kalo memiliki hosting, kalian para blogger lebih memilih #TimFramework atau #TimCMS?

Jawab di kolom komentar ya!

Emang kerajinan banget sih, kalo sampai ngoding via handphone. Tapi kita coba inget teori di atas lagi deh "Hukum Nulis Terpengaruh Media Tulis" ngoding via handphone itu berat.. kalo sambil menggotong beras sekarung. Ya iyalah.

Overall, ngeblog via handphone itu udah mudah banget karena fleksibilitasnya. Mulai dari menampung ide tulisan, edit media pendukung tulisan, sampai silahturahmi. Bahkan ketika mau ganti domain sekalipun, dari yang gratisan ke yang berbayar, sudah bisa dilakukan via handphone (smartphone). Walaupun begitu, ngeblog via komputer juga masih perlu untuk dilakukan, karena memang ada beberapa hal yang lebih nyaman apabila dilakukan pada media yang lebih luas layarnya. Inget teori cocoklogi diatas hehe.

Itu saja sih yang bisa gua tuliskan, jadi opo koe krungu jerite hatiku?

Eh bukan-bukan, bukan itu, itu mah via lain. Maksudnya, kamu ngeblog via handphone (smartphone) atau via komputer (laptop)?

Maaf ya gua kepo banget #apaansi

Sumber Foto:
pxhere.com - orang main laptop.
idntimes.com - orang main smartphone.
autotekno.sindonews.com - peringatan virus yang muncul di browser handphone.
quipper.com - pusing karena belajar fisika.
fiverr.com - penjelasan web responsive.
Klik Disini

This post have 5 komentar

avatar
Dita Arina Astrianda delete 25 November 2018 12.26

Iya sih aku juga suka ngeblog via handphone sekarang lebih mudah sambil motongin wortel bisa sambil ngeblog hahaha maklum emak2. tapi sekarang udah ganti gak di blogger tapi di wordpress

Reply
avatar
farid nugroho delete 27 November 2018 16.35

Pernah sesekali ngepos artikel pakai smartphone, biar enak ngetiknya pakai external bluetooth keyboard. Tapi belakangan jadi jarang, tampilan setelah dipos agak jelek.

Reply
avatar
Tanza Erlambang - Speed Up delete 28 November 2018 05.18

nambah wawasan artikelnya.
terima kasih

Reply
avatar
Vanisa Desfriani delete 29 November 2018 09.25

sha beberapa kali update pake hp, tetep yaa. anaknya lebih nyaman pake laptop/komputer. Ujung2nya tetep di liat lagi pake laptop hehe

Reply
avatar
t h y a delete 30 November 2018 09.51

Saya belum pernah malah ngeblog dari HP, kayak ngerasa lebih ribet aja gitu.

oiya, baru nyadar loh kalo masih http itu jadi muncul peringatan not secure.
gmn caranya biar htpps? kasi tau dongsss mas yang baik hatinya ;)

Reply

Add your massage to every single people do comment here!

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

iklan masalien