Selasa, 12 Desember 2017

author photo
Cara Membuat Website Efektif Untuk Bisnis Online

Selamat Datang di Masalien!
(Konichiwa, watashi no burogu e yukoso!)

***

Kali ini, saya mau membahas tentang tips dan trik membuat website efektif untuk bisnis online. Yap! Di zaman era digital saat ini, pemanfaatan teknologi secara positif dapat memberikan manfaat bagi para penggunanya, salah satunya adalah untuk menambah penghasilan.

Berawal dari teman --sebut saja Irfan, yang bertanya-tanya kepada saya,

Irfan : Sep, sekarang aku punya usaha distro nih tapi..

Saya : Tapi kenapa?

Irfan : Tapi aku bingung, apa aja yang harus dipersiapkan untuk promosi produk-produk distro aku? Yaaa inginnya sih orang-orang di Bogor, di Jawa Barat, bahkan di Dunia, mereka bisa tahu nama brand aku sendiri.

Dengan reflek saya menjawab,

Saya : Jadikan aku karyawanmu!

Irfan : Yeuh, seriusan  -_-

Saya : Hehehe bercanda, kira-kira apa ya? Ah, kamu pokoknya harus bikin website!

--- cerita pun dimulai ---

Yap! Bikin website. Sebuah langkah awal untuk memperkenalkan nama produk atau brand yang kita miliki sendiri.

Lantas kenapa sih harus bikin website?

Jadi begini, website itu ibaratkan sebuah rumah, rumah pasti memiliki alamat, nah alamat itulah yang akan digunakan oleh produk kita sebagai identitas.

Jadi, orang-orang yang berada nan jauh di mato, bisa tau nama brand atau produk yang akan kita pasarkan. Tanpa harus bertatap muka dan tanpa harus nyasar, karena brand atau produk kita sudah memiliki alamat tersendiri.

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita ingin membangun sebuah rumah tangga website, terlebih lagi website yang diperuntukan sebagai "rumah" bisnis online. Apa saja itu? Check it out!

***

1. Tampilan website yang responsive dan mobile friendly.

Smartphone sudah merajai per-handphone-an dunia saat ini, hampir sebagian orang melakukan aktivitas online mereka melalui smartphone. Berbeda. Tidak seperti dahulu, dimana orang masih melakukan online melalui komputer ataupun laptop.

Misalnya saja ibu saya. Dia lebih terbiasa menggunakan smartphonenya untuk online di media sosial, menonton video, memakai jasa kurir online atau bahkan belanja di toko online untuk membeli barang-barang kebutuhannya.


Begitu pula adik saya yang masih sekolah. Dia kalo cari tugas, pasti googling menggunakan smartphone. Saat saya merekomendasikan mereka untuk online menggunakan komputer atau laptop, pasti jawabannya,

"Engga ah, ribet. Kalo pake hape bisa dibawa kemana-mana."

Nah maka dari itu, kita sebagai pelaku bisnis harus peka terhadap pasar yang akan kita tuju. Ibu dan adik saya adalah sebagian kecil dari banyaknya generasi pemakai smartphone, sehingga tampilan responsive dan mobile friendly pada website zaman now, merupakan hal yang wajib dan harus terpenuhi.

Nah, untuk test website kita sudah mobile friendly atau belum, bisa cek disini.


2. Fitur chatting dan pencarian dalam website.

"Bener kok ini nama produknya, tapi kok gak ada? Padahal udah di scroll ke bawah?"

"Bagus nih, mau pesan gimana caranya ya? Gak bisa tanya-tanya dulu apa ya?"

Kayanya, kalo sampe ada orang yang berkata seperti itu, minat mereka untuk membeli akan menjadi menurun. Untuk menghindari hal seperti itu ada baiknya website yang akan kita bangun memiliki fitur pencarian dan juga chatting.

Jadi wajib ada nih? Yap! Harus ada hehe. Kabar baiknya sekarang sudah banyak aplikasi chatting yang bisa disinkronkan dengan website kita. Mantul!

Untuk test fitur chat pada website, bisa klik link disini. Siapa tau kita berjodoh *loh.


3. Website yang dapat diakses dengan cepat dan ringan.

Survei membuktikan, warganet akan menutup sebuah halaman website yang tidak mau terbuka lebih dari 15 detik. Kejam. Sadis. Tapi itu realitanya. Maka dari itu kecepatan loading website yang akan kita bangun harus selalu diperhatikan.


Jangan menggunakan widget yang keperluannya tidak penting-penting banget dan biasakan menggunakan gambar yang sudah dioptimasi sebelumnya. Simple aja website-nya yang penting menawan. Kalo kata D'Masiv --senatural mungkin aku lebih suka~

Oh iya, untuk test kecepatan website kita, bisa cek disini.


4. SEO ( Search Engine Optimization)

Ketika website kita sudah memiliki tampilan yang sudah sesuai standar, tentu harus dibarengi dengan kemampuannya yang ramah di mesin pencarian. Kan gak asik dong, tampilan website kita sudah aduhai tapi mesin pencarian seperti google tidak bisa menemukan website kita?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kita, terutama jangan menggunakan script yang berbahaya. Nanti bakal ditegur sama satpam google seperti ini.


Hasrat ingin menjadi page rank nomor satu memang boleh, tapi pergunakan cara yang alami. Salah satunya adalah memperhatikan link website kita, contoh: esmanis.com/rasa-strawberry dengan esmanis.com/?id=01.

Lebih enak yang mana dibacanya? Kalo saya sih pilih yang esmanis.com/rasa-strawberry gatau deh kalo menurut kamu hehe. Ternyata mesin pencarian pun sama, algoritma yang mereka pakai hampir mirip dengan manusia yaitu mencari keyword yang sesuai dan juga relevan.

Nah untuk mempelajari SEO lebih lanjut, mungkin bisa dicari disini karena banyak yang lebih ahli dan pastinya lebih asik-asik jos membahas tentang SEO ini.


5. Gunakan domain berbayar.

Wajib ya? Sebenernya bisa aja pake domain yang gratisan, tapi brand kita jadi keliatan kurang premium gitu. Contoh: kita bandingkan website dengan nama esmanis.com dan esmanis.gratisan.com. Lebih keliatan serius yang mana? Tentu yang esmanis.com dong?

Kalo serius berarti harus modal. Serius sama pasangan aja harus modal dulu kan? Modal dandan yang cakep, modal mas kawin, modal rumah, modal kendaraan minimal marcedes kalo kata Kaka Vanisa hehe. Tapi tenang, modal kali ini gak perlu mahal.

Domain berbayar gak sampe berjuta-juta pertahunnya kok :D

***

Dari kelima hal diatas, ada faktor pendukung yang perannya juga begitu penting, yaitu hosting. Yap performa hosting menjadi sangat vital bagi para pelaku bisnis online.

Kita bisa saja memakai hosting gratisan seperti blogspot namun fitur yang sediakan tidak begitu lengkap seperti penggunaan email pribadi, menerapkan fitur invoice, dan-lain-lain. Maka dari itu ada baiknya kita menggunakan hosting berbayar karena kelebihannya yang begitu banyak.

Salah satunya adalah dapat diinstal cms yang berbasis e-commerce. Dan sama seperti domain, sudah banyak kok penyedia layanan Web Hosting Indonesia yang menyediakan hosting dengan perfoma terbaik namun dengan harga yang terjangkau.

Oke mungkin itu saja, tulisan kali ini sebenernya sebagai reminder untuk diri sendiri aja sih, tapi lebih-lebih bisa bermanfaat bagi blogger yang ingin mengembangkan usahanya melalui internet. Semoga di Indonesia makin banyak usaha kreatif  menuju Indonesia Emas 2045.

---  sekian dari.. ---

Irfan : Woi, jadi gimana?

Saya : Oh iya, sampe lupa. Yaudah langsung gercep ikutin saran-saran diatas.

Irfan : Biar lebih jelas kita ngobrol di angkringan yuk! Ajak yang lain juga sekalian kita reuni.

Irfan : Aku yang traktir.

Saya : Yang udah jadi bos mah emang beda hihi. Ayo!

Sumber gambar :
newschooloffinance.com - keyword orang main laptop.
funnyisms.com - keyword flash sedang lari.
stopthehacker.com - keyword malware detect google.
Klik Disini!

This post have 35 komentar

Add your massage to every single people do comment here!

  1. Siiplah kang Asep, untuk menjadi pebisnis online maupun offline, promosi memang penting banget yah, enaknya jaman now semua udah pada online jadi prospeknya cerah banget buat dunia usaha, tinggal bagaimana cara kita memanfaatkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kang maman, zaman now semua serba mudah tapi karna serba mudah terkadang dikasih trouble dikit jadi gampang nyerah hehehe

      Hapus
  2. jual lewat online lebih untung, pengguna internet makin hari makin numpuk..

    BalasHapus
  3. Lewat online lbh menjanjikan emank dan gak bayar sewa toko, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi harus sewa hosting dan domain, terlebih harus beli kuota hahaha

      Hapus
  4. saya baru bikin website om. udah dari ke-3..
    mohon bimbinganx... menimba ilmu disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, mari sama-sama belajar.

      BTW JANGAN PANGGIL GUE OM :(

      Hapus
  5. Yeuuu. Kalo ditraktir aje cpet bgt lu! Wkwk.

    gue nyoba test friendly blog kaga bisa msa :( hrs pake www dlu ya?

    test kcpatan sudah bsaa~
    gtau knp seneng bgt gue klo ada test2an bgini. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya begitu, coba pake www lu. Nanti gue bikin test kejiwaan dah di blog. Hahahaha.

      Hapus
  6. Setuju semua

    Kalau kata aku yang udah standar bagusnya itu yang kayak Zalora atau lazada itu tuh wkwk

    Tapi zaman skrg onlines hop juga banyak yang nebeng ke E-commerce lain yaa, kayak OLX bukalapak tokopedia dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya lebih enak bukalapak, lebih terpercaya dan ringan. Masih milik lokal pula hahaha

      Hapus
  7. Bener banget tuh kang
    sekarang zaman sudah modern semua orang pengennya instan aja
    jadi harus siasati dan mgikuti zaman juga

    yng tak kalah penting harus sering2 promosi aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Promosi terus tanpa batas dan melampauinya, biar kaya biar cepet naik haji :D

      Hapus
  8. Betul-betul keharusan yang perlu diperhitungkan sebelum membangun sebuah toko online, agar bisa bersaing dan juga tidak kalah penting mengoptimalkan layanan agar konsumen terpuaskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, harus jadi penjual yang ramah dan sabar biar pelanggan makin nyaman~

      Hapus
  9. Nah ngebahas tampilan blog. Kebetulan nih, kali aja pakbos Asep ngerti. Sekarang kan lagi musim template amp. Enak dipake gak sih? Domo arigato gozaimasu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah nyoba amp bang, mungkin lain kali bakal nyoba

      Hapus
  10. wah, kakak di sebut2 oleh dedek ganteng hehehe


    punya website untuk jualan penting banget sih, meski jualannya di platform lain kaya IG/Facebook. Tetep harus punya website ya. Website itu ibarat "rumah"nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ka, biar lebih meyakinkan :D

      Tapi fb/ig toped/bl udah cukup sih.

      Hapus
  11. Baru ngeh kalo bahasa jepangnya blog itu burogu wkwkwkwkkwkwkwkwkw

    Anata no burogu wa sughoi desu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang, udah dijadiin responsive belom blognya? :D

      Hapus
  12. Sebenernya prinsip2 gini nih sama kayak ngeblog.
    Terus yang jadi pertanyaan, kapan nih masalien.blogspot.com berubah jadi masalien.com?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga dapet giveaway domain gratisnya, jadi gausah lagian cuma blog buat curhat doang wkwk

      Hapus
  13. mantapss.. yg penting website nya gak berat sih yaa..
    saya juga lg pengen pake domain tp blm kesampean juga. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, kalo berat bikin males hehe

      Semangat mba, cari domain yang lagi promo aja mba

      Hapus
  14. Kayaknya 'yokoso' deh bang huehehehe, bukan 'yukoso'.

    Anyway, yang kaya begini bisa juga applied untuk blog2 biasa juga sih. Pokoknya gimana caranya gak lemot dan user-friendly xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukoso aja :D

      Nah betul itu, apalagi penggunaan smartphone yang udah luas.

      Hapus
  15. Wiih keren.
    Bermanfaat ini sep buat web ak yang masih banyak kekurangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip bang, otak atik bang biar makin jos webnya wkwk

      Hapus
  16. Setuju semua, terlebih dengan domain berbayar. Dengan begitu, lebih terlihat profesiaonal ya, Mas..
    Semoga bermanfaat buat mereka yang ingin membuat website juga..

    BalasHapus
  17. semoga 5 poin penting ini bisa dipraktekin dengan baik sama mas alien hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga, tapi di website yang satu lagi mba wkwk

      Hapus
  18. Makasih udah sharing info bermanfaat ini. Kalau boleh, aku ingin tutorial optimasi seo untuk pemula secara sederhana. maklum akunya pemula dalam dunia blogging...

    BalasHapus
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Beli Domain Murah

DomaiNesia