Sabtu, 01 Juli 2017

author photo

Teman adalah orang yang senantiasa berada di sekitar kita meskipun tidak selalu ada di setiap waktu. Yap, menurut wikipedia; "Pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial."

Mungkin bagi kebanyakan orang, berteman dengan orang lain adalah hal yang cukup mudah dilakukan. Tapi bagi saya, hal itu menjadi cukup sulit. Begitu juga, banyak yang bilang bahwa jangan suka memilih-milih dalam berteman. Bener, that is right, tapi engga bisa saya terima dan telan secara mentah-mentah omongan itu. Karena menurut saya teman itu harus dipilih-pilih, memang sih kita harus bisa berteman dengan semua orang, tapi untuk mendapatkan teman yang terbaik maka kita harus bisa memilih. Mana yang benar-benar pantas untuk dijadikan teman.

Belum lagi, saya itu orang yang mempercayai jika kita bertemen dengan tukang bensin maka kita jadi bau bensin, kita bertemen dengan tukang minyak wangi maka kita juga jadi bau minyak wangi. Berteman mungkin boleh dengan siapa saja bahkan dengan penjahat sekalipun, tapi tetap harus bisa memilah dan memilih karena baik dan buruknya, akan berdampak juga pada diri kita sendiri.

Nah berikut tipe-tipe manusia yang menurut saya, patut dijadikan teman terbaik dalam hidup:

1. Temen dengan pemikiran gila.

Saya seneng aja gitu seandainya punya temen yang memiliki pemikiran out of the box, mereka itu seolah-olah memiliki imajinasi dan kreatifitas yang sedikit aneh tapi menurut saya ini keren, walau kadang memang engga masuk diakal sih. Tapi seengganya kalo bertemen dengan seseorang seperti ini, kita bakal dapet pengetahuan yang baru, eh, bukan pengetahuan sih tapi sesuatu yang mungkin saja tidak terpikirkan oleh orang-orang biasa pada umumnya.

2. Temen yang sholeh dan sholehah.

Saya gamau munafiklah, saya berharap punya temen yang bisa diajak temenan di dunia maupun di akhirat. Iya, saya juga pernah membaca kalo kita punya temen masuk surga, dia bisa menyelamatkan temennya yang masuk neraka. Hal itu dikarenakan pas di dunia mereka bersama-sama di jalan kebaikan, di dalam hal ibadah maupun di dalam hal menuntut ilmu, tentu siapa yang tidak mau?

3. Temen yang cerdas.

Loh ada apa dengan orang cerdas? Tentu cerdas disini bukan tentang pinter pelajaran atau pinter hal yang lainnya. Tapi cerdas disini adalah bisa menanggapi sesuatu hal dengan sikap yang tepat dan saya berharap jadi bisa ikut-ikutan cerdas juga. Karena menurut saya orang cerdas itu keren dan wow, orang cerdas pun memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibanding orang pintar. Bukan, bukan berarti orang cerdas punya kemampuan untuk berubah jadi kamen rider sedangkan orang lain engga bisa, bukan, bukan itu ya.

4. Temen dengan pemahaman yang baik.

Nah kalo ini, mungkin banyak orang diluar sana yang sudah memiliki pemahaman, namun menurut saya masih banyak orang yang hanya sekedar paham tapi belum paham secara baik. Tentu baik disini ukurannya berbeda-beda sih dan bersifat subjektif. Tapi kalo tentang ini, kita mungkin bisa tanyakan kepada hati masing-masing, dan tentu mempunyai teman yang seperti ini akan membuat kita juga memiliki sebuah pemahaman yang baik, karena bisa saling memahami entah karena latar belakang yang sama atau apapun itu.

Tentu ini semua merupakan pendapat pribadi saya dan pada intinya, semua menginginkan pertemanan yang tumbuh dari sebuah loyalitas dan solidaritas.

Dan menurut saya, model pertemanan terbaik yang pernah ada di dunia ini ialah model pertemanan Rasullullah SAW bersama Abu Bakar, Umar, Usman, Ali dan yang lainnya. Saling melengkapi dan mencintai satu sama lain. Mereka ini sering kita dengar, dengan istilah sahabat. Sungguh persahabatan terbaik tidak hanya menghasilkan tawa dan kesenangan saja, tapi penderitaan, kesedihan dan segala macam bentuk emosi yang dirasakan secara bersama-sama.

Dan saat ini saya bersyukur memiliki sahabat yang baik, meskipun kadang suka ngeselin sih. Bagaimana versi persahabatan terbaik menurut kalian?
Klik Disini

1 komentar:

avatar
Bayu Rohmantika Yamin delete 10 Oktober 2017 21.54

Samaan nih, hehe, bagi gue berteman itu cukup sulit. Gue bukan tipe easy going dan supel yang bisa membaur kemana-mana, jadinya ya lingkup pertemanannya terbatas, dan dari yang terbatas itu, cuma beberapa yang bisa dikategoriin temen deket.

Setuju, untuk mendapatkan teman yang terbaik, kita harus bisa memilih mana yang bener-bener pantes untuk dijadiin temen. Keempat tipe teman di atas udah paling top deh, dan tipe yang keempat kalo boleh diperluas, kurang lebih mencakup teman yang "mengapresiasi dan mendukung" mimpi dan cita-cita kita. Kalo mereka ga respect sama apa yang kita minati, sulit untuk beteman secara tulus.

Khusus tipe nomer 1, susah nemunya, tepi sekali nemu, wah... bisa ngehasilin diskusi atau kegiatan out of the box deh kalo dah ketemu ama tu orang, haha. Paling seru kalo dia juga paham selera humor kita, yang mungkin bagi orang laen malah kelihatannya absurd, tapi bagi dia, itu lucu, sama ama yang kita anggep lucu :D

Reply

Add your massage to every single people do comment here!

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

iklan masalien